Sekilas tentang netbook

acer-300x191

Netbook adalah laptop dengan desaign mini, memiliki kemampuan yang cukup bagus untuk bersurfing ria di internet,dan cocok untuk anda yang mobile. Netbook memang dirancang untuk mudah dibawa karena ringan dan tentunya bentuknya gak segede notebook.

Netbook pada awalnya (setau saya) hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Dulu kalo gak salah asus yang memulai memasarkan produk netbook dengan EeePC-nya. Dengan kemudahannya dibawa dan digunakan produk ini banyak disukai pasar. Walaupun dengan kapasitasnya yang minim, netbook ini bisa diakali dengan menambahkan hardiskr eksternal atau portable.

Dengan semakin larisnya produk tersebut dipasaran. Maka produsen lain pun gak mau ketinggalan. Acer meluncurkan aspire one, Lenovo dengan ideapad, HP dengan Mini 1000-nya dan masih banyak lagi. Gak ketinggaln produsen lokal macam axioo DJJ 616A, Zyrex Bee 106 M dan Quantel X10.

Dalam perkembangannya(mungkin untuk merebut hati pasar) netbook mulai menanamkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, dari yang dulu hanya 2GB sekarang mampu sampai 160GB. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen Netbook juga dirancang tahan guncangan. Tapi yaw jangan terus coba2 dibanting2.

Netbook tentunya dirancang dengan kemampuan untuk berkonektivitas dimana saja. Wifi dan bluetooth diharuskan ada dalam perangkat ini. Bahkan sekarang modem 3G internal sudah ditanamkan dalam beberapa netbook keluaran terbaru.

Dengan berat rata2 yang hanya 1kg-an dan betuk yang lebih kecil,mulai 8 inci sampe 10 incian,netbook memang cocok untuk digunakan orang yang punya banyak aktifitas. Untuk baterai, netbook rata2 telah di bekali dengan baterai tiga sel,yang mampu bertahan selama 2-3jam. Namun ada juga netbook yang mampu bertahan selama 8jam.

Untuk spesifikasi didalam netbook saat ini telah ditanam procecor intel atom (setara intel celeron) dan juga memiliki ram 1G hingga 2G,jadi cukup mampu untuk diajak “berkatifitas”. Untuk sekedar menonton film hasil download-an cukup lah. Tambahan lain mungkin adalah penambahan camera internal di beberapa netbook.

Ringan,mudah dibawa,memiliki kemampuan yang cukup untuk mengolah data dan dengan harga 5-6jutaan,netbook bolehlah dijadikan sarana pencari ilmu dan penambah pengetahuan,khususnya di dunia internet.

Tinggalkan komentar