Cara memilih netbook

a180-lt030_ca-main

Dipostingan sebelumnya telah saya sampaikan sedikit cerita tentang netbook. Selain itu saya juga sudah memberitahu perbedaan netbook dan notebook. Dan juga gak ketinggalan kelebihan dan kekurangan netbook juga sudah saya sampaikan.
Nah di edisi terakhir quadlogi postingan saya ini (halah,kayak laskar pelangi aja.hehe), saya mau kasih sedikit tips dan trick sebelum membeli netbook. Walaupun mungkin gak seberapa, tapi siapa tau bisa membantu.
Berikut ini adalah beberapa tips dan trick cara memilih netbook:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Kalo yang anda cari adalah perangkat yang mudah dibawa,ringan dan dapat terkoneksi dengan internet dengan cepat untuk bersurfing ria,budget minim,ngecek email,dan chat, well netbook adalah pilihan tepat. Tapi kalo ingin perangkat yang lebih “kuat”,mampu untuk ngegame seharian dan merancang desaign dengan fitur yang lengkap,notebook bisa lebih tepat untuk anda.

2. Ukuran Layar
Untuk ukuran layar pada netbook,rata2 memang mini,agar mata anda tidak gampang lelah lebih baik pilih ukuran 8,9 inchi diatas. Sayangi mata,rawatlah baik2,dan gunakan secara bijak.

3. Daya tahan baterai
Kalo ingin daya tahan baterai laptop mini atau netbook ini panjang pilih yang baterai 6 sel.

4. Ukuran Keyboard
Karena ukuran dan bentuk netbook mempengaruhi ukuran keyboardnya,maka ada baiknya pilih yang nyaman dan lega. Agar saat menulis anda akan terasa lebih menyenangkan.

5. Sistem Operasi
Rata2 netbook sudah mampu “bermain” dengan windows (xp dan vista) maupun linux. Ada baiknya pilih yang sedang2 sadja. Disesuaikan dengan kemampuan netbook. Kayak bang roma bilang,yang sedang-sedang sadja lah.

6. Prosesor
Saat ini ada dua perusahaan yang memproduksi prosesor untuk netbook,yaitu intel dan VIA. Untuk intel menelurkan produk intel atom yang setara dengan celeron dan tentu lebih efisien. Sedangkan VIA ada VIA C7 (1,0-1,7 GHz) dengan kinerja yang lumayan,namun gak secepat intel.

7. Sistem Penyimpanan
Sebenarnya ada dua pilihan untuk media penyimpanan dalam netbook yaitu Harddisk dan SSD. Untuk hardisk tentu memiliki kelebihan media penyimpanan yang lebih besar. Namun lebih banyak menghasilkan panas dan lebih rentan guncangan. Untuk SSD lebih cepat,tahan guncangan dan dingin. Namun harga mahal dan kapasitas kecil. Kalo mau yang besar ya lebih mahal.hoho Tapi pake hardisk ajah gpp,lebih menguntungkan dalam besaran media penyimpanan dan gak begitu ngaruh asal gak dibanting2 dan dipanasi dalam oven.
oh,ya pilih yang kapasitasnya besar sekalian 80Gb keatas. Karena yakin deh,lama2 tergoda untuk menyimpan lebih banyak hal disitu.

8. Harga
Untuk harga sekitaran 5-6jutaan. Loh kok ada yang diatas itu?ya mungkin emang ada. Tapi kalo saya dengan harga diatas itu lebih milih laptop biasa alias netbook. ;p
Nah itu dia beberapa tips dan trick dalam memilih netbook. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Dan semoga anda mendapatkan sesuatu yang paling pas dan berguna untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s