Menentukan arah kiblat dengan Google Earth

Salah satu penunjang kekusukan dalam menjalankan ibadah sholat yaitu ketepatan arah kiblat. Orang Indonesia umumnya arah sholatnya ke Barat, akan tetapi arah pastinya masih banyak yang salah. Menurut survai Depag DIY 2009 yang saya dengar lewat radio sekitar +/- 70% arah kiblat masjid & mushola di DIY salah, ada yang kelebihan kearah utara dan ada kelebihan ke arah selatan.
Ada dua cara yang mudah untuk menentukan arah kiblat, yaitu pertama dengan menggunakan matahari dan peta. Dengan matahari kita bisa melihat kalender islam yang biasanya ada tanggal-tanggal tertentu yang sudah di tandai, yaitu hari dan jam berapa posisi matahari terletak persis diatas kabah. Sehingga dengan melihat arah matahari saat itu kita bisa menentukan arah kiblat dengan mudah.
Cara yang kedua yaitu peta, kalau jaman dahulu peta dua dimensi yang menggambarkan dunia ini sangatlah sulit ditemua, akan tetapi sekarang ada software dari Google yang berupa peta, yaitu Google Earth. Dengan menjalankan google erath tersebut kita dapat dengan mudah mencari lokasi suatu tempat, misalnya bagi yang ingin tahu dimana letaknya Makkah Al Mukaromah, maka cukup ketikkan saja nama tempat/kota makkah maka otomatis anda langsung dibawa terbang melihat kota tersebut.
Pada bahasan ini akan ditunjukkan cara mudah melihat arah kiblat menggunakan google earth, dengan memanfaatkan kemudahan yang ada di google earth.

  1. Apabila belum punya software google earth, dapat download di website google
  2. Jalankan software google earth
  3. Cari lokasi kota makkah (dengan bahasa inggris tentunya), ketikkan “macca, saudi arabia” di layar sebelah kiri atas bagian “search” (pencarian)
  4. Cari lokasi kakbah pas di titik tengahnya. Pencarian sangat mudah dengan memanfaatkan keistimewaan makkah, jika dilihat dari atas lokasinya berwarna putih di banding lokasi lain. Dan buat tanda di titik tersebut( Placemark).
  5. Cari lokasi anda, misalnya “sleman, indonesia” dimana ini adalah kota saya tinggal. Dan jangan lupa di beri tanda juga.
  6. Maka di lokasi yang saya tandai akan memiliki / terdapat dua kota diatas
  7. Tahap selanjutnya membuat garis lurus antara makkah dan kota dimana kita tinggal.
    Gambar garis menggunakan tombol “Ruler” di toolbar atas.
    Klik kakbah sebagai awal garis dan klik sleman sebagai akhir garis. Sebagai catatan untuk mempercepat menuju makkah dan sleman bisa di klik di daftar nama kota yang tadi kita buat sebelumnya.

  8. Dengan demikian sudah dapat diketahui arah tepatnya dari sleman ke makkah, bahkan jaraknya pun juga diketahui.
    Kalau besar sudutnya saya belum tahu cara menghitungnya, atau cukup ambil garisan busur saja dan diukur di monitor ya?!

Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Amien

Tentang arifjayarana

No, ComentZZZ..........
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s